20 May 2013

0
Bersin dan Manfaatnya....

Hayoooo...siapa diantara temen2 yang pernah bersin...?





biasanya bersin itu dialami kalo kita terserang flu, atau saat banyak debu di sekitar kita, atau juga karena alergi pada sesuatu, seperti bulu binatang.... nah, partikel asing itulah yang menyerang hidung kita, sehingga "memaksa" kita untuk bersin yang berguna untuk mengekuarkan partikel asing dalam hidung kita.

Tau gak teman2?
Tenaga saat kita bersin itu, bisa membuat mata kita LEPAS dari tempatnya lho! karena ternyata kecepatan bersin itu mecapai 250 km/jam, dan sedikitnya 40.000 butir air terlepas (muncrat) karenanya! Wih, wih, wih...
nah, maka dari itu, syaraf2 yang ada di mata dan hidung saling berkaitan dan terhubung, sehingga pada saat bersin, secara refleks mata kita akan terpejam, dan juga melindungi saluran mata dan aliran kapiler darah biar gak terkontaminasi oleh buanya baktei yang keluar dari membran hidung kita.

dan tau gak teman2? pada saat bersin, secara refleks,otot yang ada di muka kita menjadi tegang, dan jantung akan BERHENTI BERDENYUT sesaat, namun setelah bersin jantung kita akan berdenyut normal lagi...

Bersin adalah bentuk pengeluaran partikel asing dan berbahaya dari mulut dan hidung diiringi dengan keluarnya lendir dan udara, that's why bersin adalah bentuk pertahanan diri dari serangan bakteri, virus, dll
Bersin juga terjadi karena syaraf hidung mendapat rangsangan tiba2, seperti bau yang menyengat, reaksi alergi, ataupun udara yang sangat dingin.

Nah, jadi kesimpulannya, bersin itu berfungsi untuk mengusir kuman, bakteri, dan partikel asing dari hidung kita, sehingga hidung kita tetap bersih.

jadi, karena dia untuk mengusir kuman, JANGAN LUPA untuk selalu tutup mulut dengan saputangan atau tissu kalau bersin ya kawan2... :-)


Sumber:
http://microsite.kidnesia.com/faktabaru/index.php/component/content/article/1-fakta-baru/681-bersin
http://www.sobatcantik.com/ketahui-manfaat-di-balik-bersin-untuk-kesehatan/


0 komentar: