17 September 2013

0
Daun Ketumbar Untuk Menjernihkan Air

Air yang keruh dan kotor sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Padahal kebutuhan air adalah yang terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Jika cadangan air yang tersedia selalu kotor, konsumen harus menemukan cara agar air tersebut aman digunakan. 

Tim peneliti dari Universitas Politécnica de Francisco I ingin mencoba menjernihkan air dengan bahan alami. Setelah mencoba berbagai bahan, akhirnya ditemukan bahwa ternyatadaun ketumbar bisa menjernihkan air yang keruh dengan cara yang sederhana. 

Penelitian ini diuji coba dengan menggunakan air di wilayah Tule Valley dekat Mexico City. Air di daerah ini telah terkontaminasi logam berat, seperti timah dan nikel. Kedua racun organik itu bisa mengancam kesehatan jika tetap dikonsumsi. 

"Racun organik dapat menyebabkan masalah kesehatan saraf dan lainnya. Satu-satunya cara untuk menyingkirkan racun tersebut adalah melalui penyaringan dengan arang aktif, tapi bahan-bahannya sangat mahal," kata Douglas Schauer, ketua penelitian, Kamis, 12 September 2013.

Setelah diteliti, ternyata, daun ketumbar yang dikeringkan memiliki sifat bioabsorption, sama seperti arang aktif, sebagai penyaring air, dan mampu menyerap logam. Tim Schauer menggunakan daun ketumbar yang sudah dikeringkan, kemudian diletakan ke dalam aliran pipa air yang keruh. Hasilnya, setelah melewati daun ketumbar itu, air terlihat lebih jernih. 

Anda juga bisa mencobanya. Untuk kegunaan rumah tangga, Schauer menyarankan menggunakan kantung teh yang diganti isinya dengan daun ketumbar kering. Agar daun ketumbar bekerja dengan baik, harus dijemur dulu dibawah sinar matahari langsung sampai benar-benar kering selama beberapa hari. Schauer juga mengatakan, daun ketumbar yang digunakan tidak perlu terlalu banyak. Sesuaikan jumlah daun ketumbar dengan volume air yang akan dijernihkan. 



Sumber :
http://www.tempo.co

0 komentar: