28 May 2013

0
Wortel.. Jingga yang Menawan


Wortel (Daucus carota) adalah tumbuhan jenis sayuran umbi yang biasanya berwarna jingga atau putih dengan tekstur serupa kayu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih.



Apa saja manfaat wortel ya buat kita..?

KESEHATAN MATA. Wortel kaya betakaroten (vitamin A), zat gizi penting yang diperlukan oleh mata. Senyawa ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, namun dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah katarak dan degenerasi makula yang kerap menimpa para lansia.
Salah satu manfaat dari jus wortel adalah membantu untuk meningkatkan penglihatan. Karena wortel mengandung dosis berat Vitamin A, membantu dalam meningkatkan penglihatan. Kekurangan Vitamin A dapat menyebabkan rabun senja dan gangguan penglihatan lainnya. Minum secara teratur jus wortel mencegah rabun senja. Jus wortel juga meningkatkan fleksibilitas sel dalam mata. Akibatnya, mata secara alami dapat menyesuaikan bila terkena perubahan pola cahaya.

KOLESTEROL. Penelitian oleh Robertson dkk menunjukkan mereka yang makan 200 g wortel mentah setiap hari selama 3 minggu, kolesterolnya turun sebanyak 11%. Begitu juga penelitian yang dilakukan di Harvard University, AS. Mereka yang makan wortel 5 x seminggu, menurunkan risiko stroke hingga 68%. Sedangkan dari penelitian di Universitas Brussels diketahui vitamin A yang terkandung di dalam wortel dapat mencegah cacat dan kematian akibat stroke. Diperkirakan penurunan kadar kolesterol ini berkat kandungan calcium pectate, jenis serat larut. 

KANKER. Penelitian yang dilakukan Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York menunjukkan orang yang tubuhnya rendah kadar betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru. Karenanya, beliau menganjurkan agar para perokok mengonsumsi wortel dan bahan makanan lainnya yang tinggi karoten untuk mencegah kanker paru. Ternyata, selain kaknker paru, betakaroten serta senyawa lainnya yang juga bersifat antioksidan pada wortel dapat mencegah kanker mulut, tenggorok, lambung, usus, saluran kemih, pankreas, dan payudara. Untuk mendapat manfaat wortel sebagai antikanker, wortel perlu dimasak agar senyawa karotennya lepas. Dengan dimasak, kadar karotennya naik 2 - 5 kali lipat.
Salah satu bahan utama dari wortel adalah beta-karoten. Setelah zat ini memasuki sistem pencernaan dan kemudian akan dikonversi menjadi vitamin A. Studi telah membuktikan bahwa beta-karoten mengurangi penyebab kanker akibat radikal bebas dalam tubuh kita. Manfaat minum jus wortel dapat meningkatkan kekebalan terhadap beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara dan kanker kulit.

SEMBELIT. Serat yang terkandung pada wortel menaikkan volume feses hingga 25% sehingga urusan ke belakang menjadi lancar.

MEMBANTU MENGURANGI JERAWAT. Kandungan beta karoten dalam wortel memberikan khasiat wortel yang sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan sel-sel baru pada permukaan kulit dan membuang racun yang disebabkan oleh bakteri ataupun kuman yang salah satunya adalah bakteri penyebab timbulnya jerawat. 

MENCEGAH DIABETES. Khasiat wortel sangat baik untuk mengatur kadar gula darah, ini karena  wortel mengandung karotenoid. Kandungan ini sangat baik untuk mengatur hormon insulin dan mengontrol gula darah agar lebih rendah sehingga terjauh dari  penyakit diabetes.

Khasiat wortel yang lainnya adalah mengatasi hipertensi, mengatasi demam pada anak, mengatasi luka bakar, menyembuhkan batuk, mengatasi nyeri haid, mengatasi sembelit dan menghaluskan wajah. 
Tidak hanya itu, khasiat wortel juga memiliki sifat detoksifikasi yang dapat mengangkat sel racun dalam tubuh. Dan apabila kita mengkonsumsi jus wortel maka khasiat wortel akan kita dapatkan yang membantu kesehatan perut dan saluran pencernaan kita.

Okey teman2, semoga bermanfaat... Semoga tulisan ini bisa menambah kecintaan kita pada sayur dan buah2an yang Allah ciptakan dengan buanyaaaaak manfaat... 
Aaaaamiin.. ^_^


http://eemoo-esprit.blogspot.com/2010/10/wortel-carrot.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Wortel

http://health.okezone.com/read/2013/03/06/486/771966/tangkal-kanker-konsumsi-saja-jus-wortel

http://www.berkhasiat.com/2013/03/khasiat-wortel.html

http://eemoo-esprit.blogspot.com/2010/10/wortel-carrot.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Wortel

http://health.okezone.com/read/2013/03/06/486/771966/tangkal-kanker-konsumsi-saja-jus-wortel

http://www.berkhasiat.com/2013/03/khasiat-wortel.html

0 komentar: