19 May 2013

0
Air, ..... Menyejukkan...

Temen2 pasti tau air dunk...?
iya... air minum... air hujan... air laut... ya air lah pokoknya....
dia termasuk bahan kimia juga lho!!!!
kita bahas ya... tentang air....

Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di Bumi. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awanhujansungaimuka air tawardanauuap air, dan lautan es. Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapanhujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air,sungaimuara) menuju laut. Air bersih penting bagi kehidupan manusia.


Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. Air bersifat tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar, yaitu padatekanan 100 kPa (1 bar) and temperatur 273,15 K (0 °C). Zat kimia ini merupakan suatu pelarut yang penting, yang memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lainnya, seperti garam-garamgulaasam, beberapa jenis gas dan banyak macam molekul organik.
Keadaan air yang berbentuk cair merupakan suatu keadaan yang tidak umum dalam kondisi normal, terlebih lagi dengan memperhatikan hubungan antara hidrida-hidrida lain yang mirip dalam kolom oksigen pada tabel periodik, yang mengisyaratkan bahwa air seharusnya berbentuk gas, sebagaimana hidrogen sulfida. Dengan memperhatikan tabel periodik, terlihat bahwa unsur-unsur yang mengelilingi oksigen adalah nitrogenflor, dan fosforsulfur dan klor. Semua elemen-elemen ini apabila berikatan dengan hidrogen akan menghasilkan gas pada temperatur dan tekanan normal. Alasan mengapa hidrogen berikatan dengan oksigen membentuk fase berkeadaan cair, adalah karena oksigen lebih bersifat elektronegatif ketimbang elemen-elemen lain tersebut (kecuali flor).
Tarikan atom oksigen pada elektron-elektron ikatan jauh lebih kuat dari pada yang dilakukan oleh atom hidrogen, meninggalkan jumlah muatan positif pada kedua atom hidrogen, dan jumlah muatan negatif pada atom oksigen. Adanya muatan pada tiap-tiap atom tersebut membuat molekul air memiliki sejumlah momen dipol. Gaya tarik-menarik listrik antar molekul-molekul air akibat adanya dipol ini membuat masing-masing molekul saling berdekatan, membuatnya sulit untuk dipisahkan dan yang pada akhirnya menaikkan titik didih air. Gaya tarik-menarik ini disebut sebagai ikatan hidrogen.
Air sering disebut sebagai pelarut universal karena air melarutkan banyak zat kimia. Air berada dalam kesetimbangan dinamis antara fase cair dan padat di bawah tekanan dan temperatur standar. Dalam bentuk ion, air dapat dideskripsikan sebagai sebuah ion hidrogen (H+) yang berasosiasi (berikatan) dengan sebuah ion hidroksida (OH-).

Tubuh manusia terdiri dari 55% sampai 78% air, tergantung dari ukuran badan. Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara satu sampai tujuh literair setiap hari untuk menghindari dehidrasi; jumlah pastinya bergantung pada tingkat aktivitas, suhukelembaban, dan beberapa faktor lainnya. Selain dari air minum, manusia mendapatkan cairan dari makanan dan minuman lain selain air. Sebagian besar orang percaya bahwa manusia membutuhkan 8–10 gelas (sekitar dua liter) per hari, namun hasil penelitian yang diterbitkan Universitas Pennsylvania pada tahun 2008 menunjukkan bahwa konsumsi sejumlah 8 gelas tersebut tidak terbukti banyak membantu dalam menyehatkan tubuh.  Malah kadang-kadang untuk beberapa orang, jika meminum air lebih banyak atau berlebihan dari yang dianjurkan dapat menyebabkan ketergantungan. Literatur medis lainnya menyarankan konsumsi satu liter air per hari, dengan tambahan bila berolahraga atau pada cuaca yang panas. Minum air putih memang menyehatkan, tetapi kalau berlebihan dapat menyebabkan hiponatremia yaitu ketika natrium dalam darah menjadi terlalu encer.

Manfaat air putih untuk berbagai kepentingan tubuh kita yang harus kita ketahui agar kita lebih rutin dan teratur dan menghargai manfaat berharga air ini. Hampir sama dengan manfaat madu, manfaat lain dari air juga sangat beragam untuk tubuh. Berikut adalah berbagai manfaat berharga air untuk tubuh kita.
  1. Air putih dapat mengatasi sembelit. Air putih dapat mencegah dan mengobati sembelit, jika ada gejala sembelit ini maka sebaiknya anda meminum banyak air putih.
  2. Air putih dapat meningkatkan sirkulasi darah. Minum air putih akan dapat melancarkan aliran darah dan meningkatkan metabolisme tubuh.
  3. Air putih dapat mengobati panas dalam. Air putih akan mengobati panas dalam jika diminum dalam jumlah yang banyak.
  4. Minum air putih dapat mencegah stroke dan serangan jantung. Minum air putih sebelum tidur dan secara rutin maka akan dapat mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung secara mendadak.
  5. Minum air putih dapat mengobati batuk, sariawan, dan gejala panas dalam lainnya.

Berikut ini manfaat lain dari air putih untuk kesehatan:
 
Memberikan Anda energi 

Air sangat penting untuk membawa nutrisi ke seluruh bagian tubuh dan menghapus kotoran beracun. Itu sebabnya, menjaga diri tetap terhidrasi ialah cara terbaik untuk menyehatkan tubuh dan tetap energik.
 
Mengeluarkan racun dalam tubuh  
Anda semua pasti terkena jutaan racun setiap hari, entah dari polusi, kebiasaan yang tidak sehat dll. Namun, dengan Anda mengonsumsi air, serangan racun ditubuh bisa hilang, hingga menjaga sistem kesehatan tubuh Anda,
 
Mengatur Suhu Tubuh  

Air sangat penting untuk membantu Anda mengusir panas tubuh. Jika Anda tidak minum cukup air, suhu tubuh Anda dapat naik ke tingkat berbahaya.
 
Meningkatkan Metabolisme tubuh  
Air adalah bagian penting dari proses metabolisme. Oleh karena itu, seseorang mengonsumsi air yang cukup bisa membuat tingkat metabolisme Anda tinggi. Kondisi ini penting agar stamina tubuh tetap terjaga seharian penuh.
 
Membuat kulit lebih cerah  
Jerawat, jerawat dan jerawat ialah akumulasi kotoran dan minyak dalam tubuh. Namun, tidak usah bingung bila kondisi terjadi pada Anda. Minum saja saja air putih secukupnya. Hal ini karena air bisa membuang racun dari kulit Anda dan juga menjaga pergerakan usus secara teratur. Sehingga menghasilkan kulit yang bersih dan cerah.
 
Menjaga otak tetap bekerja  
Otak Anda terdiri dari 90 persen air. Tanpa air yang cukup, Anda mungkin mengalami sakit kepala. Untuk, itu konsumsilah air secukupnya., minimal delapan gelas sehari.

http://manfaat.co.id/manfaat-air

0 komentar: