14 September 2013

0
Ayo Mulai Pola Makan Sehat...!!!

Jika Anda penggemar makanan bersantan atau camilan berminyak, waspadalah. Itu artinya tinggi sekali risiko berbagai penyakit akan menghampiri jika Anda tak segera mengubah pola makan menjadi lebih sehat.

Seperti apa pola makan yang sehat? Berikut ulasan dari dr. Abdullah Firmansah SpGK.

**

Contoh makanan yang sehat ialah sayuran, buah-buahan, nasi yang berasal dari beras pecah kulit , kentang rebus, juga singkong dan ubi rebus. Contoh protein yang baik ialah dari putih telur, ikan, daging sapi, daging domba, daging kambing dan ayam. Tahu, tempe dan kacang juga sangat baik untuk dikonsumsi sebagai alternatif dari protein hewani atau dikombinasikan dengan protein hewani. 

Untuk bumbu masakan, bisa gunakan rempah-rempah seperti bawang, cabai, lengkuas dan ketumbar. Rempah-rempah tersebut baik untuk dikonsumsi karena mengandung antioksidan yang tinggi.

Tidak selamanya lemak harus dijauhi. Untuk mendapatkan lemak yang baik, Anda bisa mengonsumsi minyak zaitun, minyak sawit, minyak kelapa, alpukat, kacang mede, almond dan minyak ikan.

Sedangkan contoh jenis makanan yang seharusnya dihindari adalah makanan yang berminyak, yang banyak mengandung lemak hewani dan tinggi akan karbohidrat (seperti makanan berbahan dasar gula, tepung terigu, tepung aci dan tepung beras). Makanan asin juga harus dikurangi, karena sebaiknya Anda tidak mengonsumsi lebih dari 1,5 sendok teh garam per hari.

Sebagai arahan sederhana yang bisa Anda terapkan sehari-hari, konsumsilah protein sebanyak 300 gram hingga 500 gra per hari, buah dan sayuran sebanyak (maksimal) 5 kepal tangan Anda per hari, dan karbohidrat sebanyak maksimal 3 kepal tangan Anda per hari.

Gambaran lainnya adalah:
• Sarapan: 1 kepal karbohidrat, 1 kepal sayuran, lauk hewani sebesar 3 jari dan lauk nabati sebesar 3 jari Anda.
• Camilan pagi: 1 kepal buah.
• Makan siang: 1 kepal sayuran, 1 kepal karbohidrat dan lauk hewani sebesar 3 jari dan lauk nabati sebesar 3 jari Anda.
• Camilan sore: 1 kepal buah.
• Makan malam: 1 kepal sayuran, 1 kepal karbohidrat dan lauk hewani sebesar 3 jari dan lauk nabati sebesar 3 jari Anda.

Jika pencernaan Anda sehat, keseluruhan tubuh Anda juga akan sehat. Oleh karena itu, atur pola makan Anda dengan baik. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter gizi mengenai kebutuhan asupan Anda, terutama untuk perhitungan kalori.

Review oleh dr. Abdullah Firmansah Wargahadibrata, SpGK, MKes.
Santosa Bandung International Hospital dan DF Clinic, Bandung
Penulis: Stephanie Firdaus


Sumber: 

MeetDoctor.com
http://id.she.yahoo.com

0 komentar: